Posted by : Muhammad Fathi Rauf Sunday, September 22, 2013

Minggu ini Saya akan mengulas "Twitter". Yap, twitter. Microblogging terbesar yang ada di dunia ini memang menjadi media sosial yang sering dipakai oleh orang-orang Indonesia, buktinya sudah ada 29 juta user. dan Indonesia menempati Top 5 Twitter user.




Kembali ke topik, Saya mengenal twitter pada awal tahun 2011 dan mengamati perkembangan mikroblogging ini di indonesia semenjak 1 tahun yang lalu. Dan hasilnya adalah :

1. Twitter LEBIH baik dalam hal viral daripada social media yang lain seperti Facebook 
2. Twitter LEBIH baik untuk berjualan daripada social media ( 4 Tips Berjualan di Twitter )
3. Twitter LEBIH menguntungkan daripada Facebook Fanspage

namun

1. Twitter LEBIH buruk dari segi fitur
2. Twitter LEBIH buruk dalam hal kemenarikan interaksi

Alasan :

Twitter lebih baik dalam hal viral? tentu saja. buktinya banyaknya kerjaan buzzer indonesia yang terkadang sampai mancanegara. Twitter lebih baik untuk berjualan? kini lebih banyak orang Indonesia yang memilih membeli barang di twitter daripada di facebook, ataupun social media lain, ini tak bisa dipunkiri dengan banyaknya online store besar dan sukses via twitter dan kini, lebih banyak perusahaan yang menggunakan twitter sebagai "customer service". Twitter lebih menguntungkan? bagaimana tidak, akun twitter dengan 77 ribu followers bisa dijual jutaan rupiah, lalu akun-akun publik yang followers-nya menyentuh 900ribu-1juta per tweetnya bisa dihargai 500 ribu.

Twitter lebih buruk dari segi fitur? jelas sekali, twitter terlalu simpel dan tak ada fitur lain selain mengetweet. Twitter lebih buruk dalam hal kemenarikan interaksi? tentu saja, hanya ada reply dan tweets, tak ada "question" seperti facebook.

Namun Apa yang dilakukan manusia-manusia TwitterLand setiap harinya?

Selama hampir satu tahun saya mengamati perkembangan twitter di Indonesia, Saya menyimpulkan apa yang dilakukan manusia-manusia TwitterLand :

1. Curhat
Yap, curhat. Bagaimana tidak, bisa dilihat banyaknya akun-akun publik galau yang sukses dengan ribuan followers.

2. Menyindir
Inilah kebiasaan yang sering dilakukan Manusia TwitterLand, lewat twitter ia menyindir orang lain. dan ini juga bisa dilihat banyaknya akun-akun publik sindirian yang sukses dengan ribuan followers

3. Ramalan
Seperti akun Ramalan Indonesia @TweetRamalan, bisa Anda lihat banyaknya followersnya, hingga jutaan!

4. Fakta
Ini juga tak bisa dipungkiri, banyak Manusia TwitterLand yang menyukai fakta-fakta, dan akun publik Fakta laris manis di TwitterLand.

Saya akan sertakan Infographic tentang Twitter.



Saya tunggu pendapat Anda!
@MFRauf

{ 2 comments ... read them below or Comment }

  1. wah dah sampai segitu yah mas twitter, kalau saya mah jarang dan hampir nggak pernah main twitteran mas, nggak ada istimewanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut mas mungkin "nggak ada istimewanya" namun kalo dikaji lebih dalam... tau sendiri lah :D

      Delete

Terimakasih telah mengunjungi FathiRauf.com, Selamat Berkomentar! ( setiap komentar Anda yang terpublish, Saya akan mengunjungi Blog Anda dengan senang hati :D )

Download Ebook Fathi Rauf

Baca Aja!

Powered by Blogger.

- Copyright © Fathi Rauf | Lebih Dari Blog Personal - Thank You Johanes Djogan -